.



Kamis, 19 Juni 2014

Pelatihan "DATA & MODERN FILE MANAGEMENT"



Pelaksanaan Pelatihan
"DATA & MODERN FILE MANAGEMENT"
bagi para Karyawan PT. TELKOM Jakarta

Photo : Pembukaan Acara
Pelatihan " DATA & MODERN FILE MANAGEMENT
bagi para Karyawan PT. TELKOM Jakarta
di TELKOM Learning Center-Tomang Jakarta, 18 Juni 2014

Pelatihan diselenggarakan pada :
Hari & Tanggal                       : Rabu-Kamis, 18-19 Juni 2014
Tempat                        : TELKOM Learning Center-Tomang Jakarta
Pemateri/Fasilitator   : Kanaidi, SE., M.Si & Rendra Trisyanto S, M.Si, DipComp, IT-ILF,CISA
Jumlah Peserta           : 12 orang Karyawan PT. TELKOM Jakarta

Pelatihan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan profesionalisme para karyawan dalam memahami implementasi dari konsep integrasi electronic imaging system dengan record management system dan implementasi dari electronic document management system maka perlu adanya pembekalan berupa pelatihan Filing Management & Database System (Data & Kearsipan).
Peserta pelatihan dapat memahami dan menerapkan konsep dokumen dalam definisi file, records dan archive serta tinjauan umum aspek-aspek pengelolaannya, mulai dari proses penciptaan, penyimpanan, pengambilan dan penyusutan umur dokumen sampai dengan proses pemusnahan dokumen sesuai dengan kaidah, sehingga ketrampilannya meningkat dan pada akhirnya diharapkan akan memberikan kemudahan/kecepatan untuk menemukan dokumen pada saat dibutuhkan dan meningkatkan performansi business.




Objective :
Setelah mengikuti pelatihan ini para peserta diharapkan peserta mampu :
·         Memahami konsep dokumen dalam definisi file, records dan archive serta tinjauan umum aspek-aspek pengelolaannya, mulai dari proses penciptaan, penyimpanan, pengambilan dan penyusutan umur dokumen sampai dengan proses pemusnahan dokumen.
·         Memahami implementasi dari konsep records management system, electronics imaging system dan electronics document management system.
·         Memahami implementasi dari konsep integrasi antara electronics imaging system dengan records management system.
·         Memahami implementasi dari konsep electronic document management system.
·         Memahami implementasi prosedure & prinsip-prinsip filing system.
·         Memahami implementasi pengendalian dokumen berdasarkan standar ISO 9001.
·         Memahami implementasi electronic filing system dengan perangkat pendukungnya.
·         Memahami implementasi dari penggunaan software aplikasi EFIDMS (Electronic Filing with Integrated Document Management System) baik untuk modul Electronic Document Management System, modul Electronic Imaging System dan modul Record Management System, lengkap dengan penggunaan scanner, printer dan kamera digital.
Description: H:\DCIM\Camera\IMG_20140619_142132.jpg 
(Photo : Para Peserta yang dengan semangatnya mengikuti materi pelatihan)

Materi Pelatihan:
·         Definisi Arsip/Dokumen Berdasarkan Undang-Undang Kearsipan RI & Istilah-Istilah Kearsipan.
·         Prosedure Filing System.
·         Pemilihan Peralatan & Perlengkapan Filing
·         Konsep integrasi antara electronics imaging system dengan records management system.
·         Pengendalian dokumen berdasarkan standar ISO 9001, termasuk metode penyusutan & pemusnahan arsip.
·         Workshop/Role Play Penggunaan software aplikasi EFIDMS

Pelatihan dimulai dengan adanya Ice Breaking yang diikuti dengan Pre-Test bagi para peserta. Dari hasil Pre-test, setelah dilakukan penilaian didapati nilai pemahaman rata-rata peserta sekitar 70% (pemahaman terendah peserta = 60% dan yang tertinggi 80%).

Pelatihan ini berjalan lancar dengan penuh antusiasme peserta untuk menyimak & mendiskusikan konsep Manajemen Data & Kearsipan serta implementasi yang telah dan akan mereka lakukan di lapangan/di lingkungan Unit Kerja masing-masing peserta.
Pertanyaan para peserta berkisar antara lain:
·         Berapa lama suatu arsip bisa ditahan ?.
·         Metode pengarsipan lebih baik Sentralisasi atau Desentralisasi atau lainnya?.
·         Apakah sebaiknya di tempat kerja peserta perlu dibentuk Unit Kearsipan sendiri? dan dibutuhkan berapa besar biaya peralatan & perlengkapan untuk membentuk Unit Kearsipan sendiri tersebut?.
·         Bagaimana cara penghapusan arsip yang manual & elektronik?.
·         Apakah ada sanksi-sanksi hukum bila kita tidak mengikuti prosedur pengarsipan yang sudah diatur (dengan Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Direksi, dll)?
·         Adakah contoh-contoh aplikasi dari kearsipan elektronik dan bagaimana cara mendapatkan software aplikasi tersebut?.
·         Bagaimana tahapan perencanaan Sistem Kearsipan secara elektronik?.
·         Apakah kegiatan kearsipan ini juga termasuk dalam lingkup audit/pemeriksaan, jika ya, siapa yang akan melakukan audit kearsipan tersebut?
·         dll
Semua pertanyaan tersebut di atas sudah ditanggapi dengan baik oleh Pemateri/Fasilitator pada saat pelatihan berlangsung.

Description: H:\DCIM\Camera\IMG_20140619_142217.jpg
(Photo : Antusiasme peserta mengikuti kegiatan Pelatihan) 

Pelatihan ini menjadi lebih semarak lagi dengan adanya humor/guyonan segar dari Pemateri/Narasumber (Kanaidi & Rendra Trisyanto Surya) yang mengena dan membuat para peserta lebih semangat lagi untuk mengikuti, bahkan minta tambahan waktu pelatihan (yang menurut mereka layaknya dilaksanakan dalam waktu sekitar 2 hari lagi untuk praktek lebih lanjut implementasi dari materi pelatihan).

Sebelum pelatihan ditutup, kepada para peserta juga dilakukan Post-Test. Dari hasil Post-test, setelah dilakukan penilaian didapati nilai rata-rata peserta sekitar 80%. Ini berati pemahaman peserta atas materi pelatihan terjadi peningkatan 10%  dibandingkan dengan hasil Pre-test di hari sebelumnya (yang hanya rata-rata 70%).

Description: H:\DCIM\Camera\IMG_20140618_162910.jpg
 (Photo Bersama Peserta dan Pemateri/Fasilitator  seusai kegiatan Pelatihan) 

Setelah mendapatkan materi pelatihan ini, para peserta akan mengamati dan membandingkan lagi dari konsep manajemen data & kearsipan yang telah dipelajari dalam pelatihan ini dengan implementasinya di perusahaan/Unit Kerja masing-masing, serta akan mengusulkan kepada atasan masing-masing guna pembentukan/perbaikan sistem dan atau Unit Kearsipan  di masing-masing Unit Kerja peserta atas ketidaksesuaian yang ditemukan/ dialami.


INFORMASI LENGKAP, hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si., cSAP
HP. 08122353284 – 087822984716  Telp/Fax : 022-4267749  
Pin BB : 27CBC148
=============================

Jadwal Pelatihan "MANAGEMENT TRAINING" di KTN Consulting 2016 ...click di . . . http://ken-ktn1.blogspot.co.id/2016/02/jadwal-pelatihan-management-training.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar